Pengertian & Generic Structure Procedure Text

Procedure Text ~ Hi kawan-kawan sekalian. Semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan semangat dalam belajar bahasa Inggris. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengharikan penjelasan mengenai pengertian dan generic structure dari Procedure Text. Saya berharap apa yang saya jelaskan di bawah ini bermanfaat dan mudah dipahami bagi kawan-kawan sekalian. Yuk langsung saja baca penjelasan di bawah ini: | AZ Bahasa Inggris

Procedure Text, Pengertian Procedure Text, Generic Structure Procedure Text, Contoh Procedure Text, Procedure Text Adalah, Penjelasan Procedure Text, Contoh Procedure Text dan Artinya, Procedure Text How to, Procedure Text How to Use, Procedure Text How to Make.
az-bahasainggris.blogspot.com | Pengertian & Generic Structure Procedure Text

Pengertian Procedure Text

Prosedur Teks adalah bentuk (genre) tulisan yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan dengan benar sehingga hasil yang diperoleh hasil yang sesuai dengan tujuannya. Atau jika di translate dalam bahasa inggris, pengertian Prosedur Teks adalah sebagai berikut:

"Procedure text is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps."

Dilihat dari fungsinya, teks prosedur berfungsi sebagai referensi atau tuntunan dalam mengerjakan suatu proses tertentu untuk mendapatkan hasil tertentu juga.

Teks prosedur berisi penjelasan tentang bagaimana menerapkan proses reguler dengan langkah-langkah tertentu. Biasanya teks prosedur ditulis menggunakan present tense, dan sering menggunakan kalimat imperatif. Contoh kata-kata umum yang banyak digunakan dalam pembuatan teks prosedur diataranya; cut (potong), don't use (jangan gunakan), put (letakkan), stir (aduk), dan lain sebagainya.

Generic Structure Procedure Text

Struktur generik dari teks Prosedur terdiri dari beberapa bagian; yaitu: Goal (tujuan), Materials/Ingredients (bahan-bahan), dan steps (langkah-langkah). Berikut adalah penjelasan dari masing-masing struktur generik teks prosedural:

1. Goal (Tujuan)
Bagian ini berisi tujuan pembuatan teks prosedur, seperti how to cook instant noodle (cara memasak mie instan), how to make a glass of orange juice (cara membuat segelas jus jeruk), how to use an iron (cara menggunakan setrika), dan lain sebagainya.

2. Materials/Ingredients (Bahan-bahan)
Bagian ini menyebutkan bahan-bahan atau apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan prosedur. Atau berisi tentang bahan yang dibutuhkan dalam proses yang akan disebutkan, seperti bahan untuk membuat mie instant, membuat jus jeruk, atau ketika menggunakan setrika. Tapi terkadang ada beberapa teks prosedur yang tidak menyebutkan atau menggunakan bahan atau bahan (optional).

3. Steps (Langkah-langkah)

Bagian ini berisi langkah-langkah atau procedure untuk menjalankan proses untuk mencapaian Goal (tujuan) yang telah disebutkan di bagian sebelumnya. Biasanya digunakan numbering (penomoran) dari langkah pertama sampai langkah terakhir. Biasanya juga menggunakan ordinal number; first, second, third, fourth, fifth, dan lain seterusnya.

Contoh Procedure Text

Untuk memperkuat penjelasan di atas tentang pengertian dan generic structure dari procedure text, berikut saya sertakan juga beberapa contoh singkat procedure text yang disertai dengan arti dan terjemahannya.


Itulah penjelasan lengkap mengenai Procedure Text yang mencakup pengertian, generic structure, serta contoh-contohnya. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa dipahami dengan baik oleh kalian semua. Tulisan di atas masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu jika ada kesalahan penulisan maupun penjelaskan, silahkan layangkan kritik dan saran melalui kolom komentar di bawah. Termakasih..
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Pengertian & Generic Structure Procedure Text"

Posting Komentar